Menentukan Dana Pendidikan Anak dengan Fungsi PMT


Tetangga saya baru saja memasukkan anaknya ke SMP swasta. Ternyata uang pangkalnya sama dengan harga satu motor. Wow!
Kalau begitu saya harus siap-siap menabung nih supaya dana pendidikan anak saya nanti sudah siap. Berapa yah besar tabungan per bulannya? Ayo, kita pakai Excel untuk membantu.
Dalam dua tahun ke depan, saya harus memasukkan anak saya ke SMP dan butuh dana sekitar 12.000.000 rupiah. Asumsi : bunga bank untuk tabungan adalah 4%.
Fungsi Excel PMT
Di sel F7 saya memakai fungsi PMT sbb :
=PMT(E3/12,E4,0,E5)
Fungsi PMT memiliki syntax PMT(rate,nper,pv,fv,type)
Rate  adalah tingkat bunga.
Nper  adalah periode menabung. Ingat, rate dan nper harus dalam jangka waktu yang sama (per tahun atau per bulan). Makanya dalam soal ini rate dibagi 12 karena rate di sini per tahun.
Pv   adalah  nilai sekarang dari tabungan. Untuk menghitung besarnya tabungan/bulan maka nilai Pv dari tabungan nanti adalah 0.
Fv   adalah nilai tabungan yang kita inginkan nanti. Jika fungsi PMT dipakai untuk menghitung besarnya cicilan pinjaman, maka besarnya Fv adalah 0.
Type  menentukan kapan pembayaran dilakukan, 0 atau kosong berarti di akhir periode, 1 berarti di awal periode.
Kalau begitu saya harus mulai menabung sebesar 481.099 per bulan mulai sekarang biar tabungannya segunung …

0 komentar:

Posting Komentar

ojo nulis sing aneh aneh yo cah xD

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Neora Chiaki SITE | Bloggerized by naokiakira.blogspot.com - Premium Blogger Themes | have been hacked by Neora Chiaki™